Manfaat menanam Indigofera

Yang mau domba dan kambing maupun sapi nya tetap bugar dan sehat di segala musim angkat tangan!!
Jika kalkulasi secara matematis, faktor Pakan menempati 50-69% dari penyebab bagus atau tidaknya ternak2 yg kita pelihara. Sisanya adalah faktor genetik, kesehatan, kebersihan , manajemen dll.
Pada umumnya peternak dengan dukungan modal cukup dan berlebih, stock pakan di gudang tidak jadi masalah untuk penuhi kebutuhan ternak di kandang.
Tapi bagaimana dg peternak kampung dengan kepemilikan 1-5 ekor yg masih mengandalkan hijauan pakan ternak dg cara mengambilnya dari tangkapan alam tanpa punya stock pakan karena minimnya modal bisnis?
Semoga kesulitan peternak2 tersebut segera berakhir ya. Kasihan udah pontang panting nyari ke sana kemari selama berjam jam cuma dapat rumput 30-40 kg dg mutu rendah, PK sekitar 3-6% saja.
Miris ðŸ˜¥ðŸ˜¥ðŸ˜¥
Maka, agar kondisi itu tidak berlarut larut .alangkah baiknya jika peternak menumbuhkan budaya bertanam hijauan.
Salah satu solusi peternak2 di Indonesia yg jadi gudang ternak adl dengan membudidaya hijauan pakan ternak (HPT) unggul yg tahan kekeringan/musim kemarau, tahan injakan dan tahan naungan.
Di antara Hijaun unggul yg bisa jadi pilihan peternak dan juga jadi pilihan juragan dombing seperti Anda adalah...indigofera sp.





Apa? Indigofera? Tanaman apa itu?
Indigofera adl jenis leguminosa dg kandungan Protein Kasar (PK) tertinggi dibanding yg lain nya. PK mencapai 25-30%
Tanaman ini memang belum banyak dibudidaya masyarakat. Oleh sebab itu, perlu sosialisasi secara masif agar banyak yg tau keunggulan HPT ini.
Berbeda dg tanaman yg mirip dengannya, yakni legum gamal/gliricidia sp (yg di jabar disebut cebreng, di Tuban disebut Risidi), indigofera justru dipilih untuk ditanam besar2an oleh Gubernur Jabar mengingat gizinya yg bagus dan pengaruh positifnya dlm mendongkrak produktivitas ternak2 khususnya ruminansia.
Pengalaman peternak kambing perah di jatim dan jabar membuktikan bahwa jika indigo dijadikan menu wajib bersama rumput odot, maka dijamin produksi susu ternak juragan makin deras mengalir.
Eh tau gak gan? Indigofera ternyata bagus juga lho daunnya digunakan sebagai pakan ayam petelur dan pedaging... Cepat gemuk , sehat dan bs menggantikan 40% jagung.
Indigofera juga bisa ditanam disela sela tanaman sengon seperti yang kami coba di Kendal.
Bagaimana teknik budidaya indigo?
Indigo bisa ditanam dengan menggunakan benih yang besarnya segede biji sawi.
Di mana mendapatkan benih indigofera? 
 Jika juragan kesulitan mendapatkannya bisa kontak ke 081328519551- 081390060626 tlp atau wa Insyaallah ready stock benih dan bibitnya.
-------
NB
Di saat yg lain kekeringan dan kerontang, tidak begitu dengan hijauan indigofera ini.
Tanaman Indigofera ini sedang kami kembangkan di Kabupaten Kendal.
tanaman indigofera tetap hijau di kala kemarau
Semoga tanaman ini ke depan bisa menghijaukan penjuru indonesia dan bisa sebagai tanaman reklamasi pertambangan.
Mau juga mencoba di tanam di lahan anda?
Wa ke 081328519551 - 081390060626

Atau Klik saja link dibawah ini

Komentar

  1. SIAP BELI SINGKONG SEGAR NON KUPASAN BAYAR KONTAN HARGA BAGUS segala jenis singkong (gajah, mangu ketan, tracak kebo, parokah, tambak urang dll) Kriteria besar bisa dikupas. Syukur kalau bisa kirim kontinyu setiap hari. Kebutuhan kami 200 ton/minggu. Selain beli Singkong saya juga menjual murah kwalitas super karena hasil ternak sendiri KAMBING BOER SUPER KETURUNAN AUSTRALIA UMUR 2 TAHUN BOBOT BISA MENCAPAI 100 kg, KAMBING PE, JAWA RANDU, KAMBING KACANG untuk bisnis penggemukan, Warung Sate, Aqiqah & Qurban siap kirim partai besar & Kecil. hubungi Bpk HERU IRAWAN AJI lokasi di Malang - Jawa Timur - Indonesia Hp/Wa +6281334272800 website saya di www.belisingkongsegar.blogspot.com Dan www.malangkambingdombasuper.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal kami menjual konsentrat domba dan sapi siap pakai untuk info lebih lanjut bisa kunjungi blog kami di https://mahesamutiaratani.blogspot.co.id/
      atau tlp/wa : 085778089795

      terima kasih

      Hapus
  2. salam kenal kami menjual konsentrat domba dan sapi siap pakai untuk info lebih lanjut bisa kunjungi blog kami di https://mahesamutiaratani.blogspot.co.id/
    atau tlp/wa : 085778089795

    terima kasih

    BalasHapus
  3. Jual Benih/biji dan Bibit Indigofera hasil penangkaran sendiri. Protein tinggi untuk Pakan Ternak Kambing, Sapi, bebek, entok dan Ayam. Hub. Bpk HERU "BEJO UTOMO FARM" MALANG - JAWA TIMUR. Hp/Wa 081334272800

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

cara semai indigofera

indigofera sebagai tanaman untuk pakan ternak

cara menanam Indigofera