indigofera cocok untuk unggas dan kelinci






 seperti yang sudah disebutkan di berbagai artikel sebelumnya
 ternyata selain untuk kambing dan sapi, tanaman indigofera juga bisa digunakan sebagai pakan alternative bagi unggas ( ayam dan bebek, kalkun dll) dan untuk kelinci,


 kami buktikan sendiri di ayam petelur dan bebek , sangat lahap diberi makan tanaman indigofera ini dan menjadikan lebih sehat,  untuk bebek dicacah dulu, sementara untuk ayam bisa langsung digunakan sebagai lalapan ayam, ternyata indigofera ini disikat habis.




Untuk ayam petelur dan bebek, maksimal indigofera dan bebek digunakan sampai 10-15 persen dari total ransum, tidak perlu dilayukan , langsung diberikan pun bisa, dan sangat disukai.

                                                  

                                               


Untuk kelinci

Pun begitu untuk kelinci hias dan pedaging, sebelumnya kelinci ini di pemilik lama memakan pellet dan sayuran, setelah kami coba untuk kelinci, hap tak perlu lama, kelinci2 ini langsung menyukai, padahal ditempat lama diberi makan pellet, lumayan penggunaan indigofera mampu menekan penggunaan pellet sampai 5-60 persen.
Kebayang kan kalau  sehari perlu pellet 4 kg x 10 rb/ kg.
Sudah hemat 20 rb per hari, hehehe.

Untuk makan kelinci,indigofera ini dilayukan dulu, dijemur 3-4 jam dicuaca terik sudah cukup, sementara jika mendung diangin anginkan selama 12 jam sampai layu,



Kenapa harus dilayukan?
 Ya agar tidak membuat kelinci kembung . seperti yang sudah kita ketahui, kelinci didalam kandang kurang bagus diberi makan pakan basah , karena selain kembung juga bisa menimbulkan gudik.
Kandungan asam amino dan protein indigfofera memang kalah dengan hay alfalfa atau rumput timothy, tapi tahu sendiri, harga alfalfa dan timoty hay mencapai 60 RB RUPIAH/ KG…

Mari kita tanam indigofera , tanaman yang tumbuh bagus dilahan marjinal dan kering dan sangat menguntungkan.tahan hama juga, gak repot perawatannya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

cara semai indigofera

indigofera sebagai tanaman untuk pakan ternak

cara menanam Indigofera