cara menanam Indigofera

cara menanam indigofera sp adalah langkah langkah sebagai berikut :

1.     siapkan lokasi dimana mendapat cahaya matahari penuh karena indigofera merupakan tanaman yang mebutuhkan cahaya dan panas disaat perkecambahan.

2.      Siapkan Polibag ukuran minimal diameter 8-10 cm di isi tanah subur bagian atas atau tanah biasa diberi pupuk kandang, polibag ini saat pembibitan harus dalam kondisi tersiram air setiap hari tetapi tidak boleh digenangi karena kalau terlalu lama tergenang bias menyebabkan busuk.



3.     Sebelum disemaikan rendam dulu biji indigofera 12 jam dalam air dingin kemudian buang yang mengambang setelah itu tabur 4-5 butir benih indigofera di dalam polibag dan sirami setiap pagi dan sore, tidak perlu menggunakan pupuk kimia tetapi cukup dengan tanah subur atau pupuk kandang atau organic  karena indigofera akarnya bisa mengambil nitrogen dari udara.

4.     Setelah usia2-3 bulan di polybag indigofera bisa ditanam di lokasi , usahakan dibuat guludan saat tanam awal sehingga bila musim hujan deras dia tidak terkena genangan karena bisa menyebabkan akar busuk.

5.     Tanaman indigofera bisa dipanen 70-90 hari sekali, sisakan dari tanah batang utama dengan ketinggian 80 cm.

6.     Untuk pemupukan bisa menggunakan kombinasi pupuk kandang dan tsp dan npk.


7.     Indigofera toleran di lahan berketinggian 1 sd 1800 an meter dpl dan relative lahan daerah kering.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

cara semai indigofera

indigofera sebagai tanaman untuk pakan ternak